BUPATI BUKA LOMBA ASAH TERAMPIL KELOMPOK TANI

BIREUEN(HUMAS) Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) menggelar lomba asah terampil kelompok tani tingkat Kabupaten yang bertempat di halaman kantor BP2KP, Rabu (19/10).

Acara yang dihadiri Bupati Bireuen H Ruslan M Daud sekaligus membuka secara resmi lomba yang diikuti 17 kelompok yang merupakan perwakilan dari 17 Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen. Bupati Bireuen dalam sambutannya menyampaikan peningkatan ketahanan pangan dilakukan dengan delapan cara, yaitu kapasitas SDM petani dengan adanya penyuluhan dan pelatihan, Penguatan peran lembaga ekonomi petani, penerapan inovasi teknologi budi daya pertanian, pengembangan infrastruktur, seperti jalan, air serta perluasan areal pertanian.

Selanjutnya peningkatan kerjasama, penyediaan bantuan benih atau bibit kepada petani, pengembangan sistem cadangan pangan lokal dan pemngambangan pertanian terpadu dengan memperhatikan lingkungan hidup.

Sebelumnya, Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Mursyid SP dalam laporannya menyebutkan, lomba asah terampil tersebut diikuti 17 kecamatan dari 17 kelompok tani, masing masing kecamatan mengirimkan tiga perwakilan terbaiknya. Mursyid SP menambahkan tujuan lomba asah terampil tersebut, untuk lebih mempertajam informasi kepada kelompok tani serta untuk menggali informasi yang ada tentang pertanian yang bisa diterapkan kelompok tani di lapangan. “ajang ini juga dapat menjadi wadah para gapoktan Bireuen untuk saling berbagi ilmu di bidang pertanian” tambahnya(teuku duta). ..

Download File