SAMBUTAN BUPATI PADA ACARA SEMINAR SEHARI MENATAP ARAH PEMBANGUNAN KABUPATEN BIREUEN DI MASA MENDATANG

  Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Hamdan wa syukran lillah, Shalatan wa salaman ‘ala rasulillah, Wa ‘ala aalihi washahbihi wa mauwaalah Segala puji serta syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari yang berbahagia ini, kitadapat menghadiri Acara Seminar Sehari Menatap Arah Pembangunan Kabupaten Bireuen di Masa Mendatang.

Selanjutnya selawat beriring salam semoga senantiasa tercurah kepada NabiMuhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat Beliau sekalian.

Yang Saya Hormati
(Menyesuaikan):
1.Sdr. Pimpinan dan Anggota DPRK Bireuen
2.Sdr. Para Unsur Forkompimda Kabupaten Bireuen
3.Sdr. Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen
4.Sdr. Para Pejabat Eselon II, III, IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen
5.Sdr. Ketua Forum Kerukunan Masyarakat Bireuen di Medan
6.Sdr. Ketua Ikatan MasyarakatKabupaten Bireuen di Banda Aceh
7.Sdr. Pemateri, moderator serta para Panitia dan peserta yang berbahagia
8.Para Wartawan Media Cetak dan Elektronik
9.Hadirin dan tamu undangan sekalian

     Mengawali Sambutan ini,dapat kami sampaikan bahwa pelaksanaanseminar yang kita buka pada malam hari ini merupakan salah satu event dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke 16 Kabupaten Bireuen Tahun 2015, Tiga Tahun Harus Muda dan Menyambut Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah. Selanjutnya kami mengucapkan selamat datang kepada para narasumber, moderator dan peserta di tempat yang berbahagia ini guna menyatukan visi dan persepsi kedepan terhadap langkah dan konsep pembangunan di Kabupaten Bireuen.

      Kepada seluruh unsur panitia, terima kasih kami sampaikan atas segala usaha yang telah dilaksanakan, sehingga acara pada hari ini dapat berjalan sesuai rencana. Besar harapan kami mudah-mudahan melalui seminar hari ini, merupakan langkah awal kita dalam menata arah pembangunan Kabupaten Bireuen ke depan, sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan kesejahteraan rakyat secara bersinambungan khususnya masyarakat Kabupaten Bireuen. Sebagaimana telah kita lihat Hari ini telah berkumpul semua unsur lapisan masyarakat baik para tokoh pendiri Kabupaten Bireuen, Tokoh Agama Pengusaha, Teungku-Teungku Dayah, Kepala SKPK, Ormas/OKP, LSM,Mahasiswa, Perwakilan Kaum Perempuan serta tokoh masyarakat lainnya mudah–mudahan setelah Seminar Besar iniakan lahirnya konsep tentang pembangunan Kabupaten Bireuen ke depan yang sesuai dengan dinamika masyarakat serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan pembangunan di berbagai sektor.

      Keberadaan Kabupaten Bireuen saat ini, tentunya tidak lepas dari hasil kerja dan perjuangan tokoh pemekaran dan para Kepala Daerah sebelumnya, yang telah memberikan kontribusi bagi terwujudnya pelaksanaan pembangunan Bireuen. Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Bireuen hendaknya  terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap  dan terwujud dalam tingkah laku setiap diri pribadi masyarakat Bireuen. Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ihklas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing sehingga kata tersebut tidak hanya indah dalam tataran retorika tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata. Sesuai dengan semboyan Bireuen itu sendiri yaitu “Gemilang Datang Padamu Bila Tekad Kukuh Berpadu.

 Hadirin Tamu Undangan dan Peserta Seminar Yang Berbahagia
     Untuk mewujudkan pembangunan sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat kita, setelah Bireuen dimekarkan dari Kabupaten Aceh Utara berdasarkan Undang Undang Nomor 48 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2000 tentang Pembentukan Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Simeulu, tentunya setiap program kita tuangkan dalam RPJM 2012 – 2017 yang diimplementasikan dari Visi dan Misi Kabupaten Bireuen itu sendiri. Kabupaten Bireuen yang memiliki luas wilayah 1.796,631 M2 terdiri dari 17 kecamatan, 75 Mukim dan 609 Gampong yang letaknya disebelah utara berbatasan dengan Selat Malaka, ke arah selatan dengan Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, di sebelah timur dengan Aceh Utara dan Pidie disebelah barat. Memiliki potensi sangat besar, baik secara letak geografis maupun kekayaan alam. Peruntukan lahan telah diatur dan ditetapkan dalam Qanun Nomor 7 Tahun 2013, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bireuen Tahun 2012 – 2032, sebagai Wilayah Berbasis Kawasan Agropolitan, Minapolitan, Perindustrian, Jasa – Jasa dan Mitigasi Bencana.

     Dalam rangka menyahuti Qanun RTRW dimaksud Pemerintah Kabupaten Bireuen menetapkan Kebijakan Penataan Ruang, Strategi Pembangunan Sarana dan Prasarana, Pengembangan Kawasan Strategis serta Penanganan Kawasan Permukiman, begitu pula terhadap Strategi Pembangunan Perekonomian Kabupaten Bireuen yang sesuai dengan harapan mayarakat kita. Disamping itu dalam Pembangunan Bidang Sosial Budaya, terdiri dari Strategi Pembangunan Bidang Kesehatan yaitu mengupayakan pembangunan Bireuen yang berwawasan Kesehatan salah satunya peningkatan pelayanan dasar yang prima dengan sumber daya tenaga kesehatan yang profesional. Selanjutnya di Sektor Pendidikan melakukan strategi yang menitik beratkan pada pendidikan yang berkarakter Islami, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan perluasan akses pendidikan yang bermutu dan berdaya saing, baik Pendidikan Formal maupun Non Formal sehingga mampu melahirkan generasi yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta memiliki Iman dan Taqwa (IMTAQ). Dengan strategi pendidikan seperti ini kedepan diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Kabupaten Bireuen.
 
Hadirin Yang Berbahagia

     Oleh karena itu, kami menyadari bahwa untuk membangun sebuah daerah seperti halnya Kabupaten Bireuen dengan sejumlah strategi tersebut, tidak hanya dibutuhkan perencanaan dan semangat saja, akan tetapi kemampuan anggaran akan sangat menentukan arah pembangunan sebagaimana harapan masyarakat Kabupaten Bireuen yang kita banggakan bersama. Jika dibandingkan antara kemampuan APBK Bireuen setiap tahunnya dengan tuntutan masyarakat yang sangat besar, maka dalam hal ini, saya mengajak saudara-saudara yang telah sukses di luar daerah baik pengusaha,pelaku bisnis maupun cendikiawan lainnya agar kiranya dapat bersama-sama membangun Kabupaten yang kita cintai bersama. Jikapun ada sesuatu menjadi hambatan ataupun yang mengganjal marilah kita duduk bersama mencari solusinya bukan malah mencari – cari sisi kelemahan sehingga mencoreng nama baik Bireuen yang sudah memiliki prestasi baik di tingkat Daerah, Nasional maupun manca negara.
 
     Untuk membagun masyarakat yang sejahtera tentunya membutuhkan dukungan semua pihak, sekalipun dengan anggaran terbatas namun kami tetap bertekad untuk menjadikan Bireuen yang maju, ibarat sebuah ungkapan bahwa “Uang Bukanlah Segala – galanya, Akan Tetapi Segalanya Membutuhkan Uang”. Dengan semangat itulah kita terus memacu pembangunan di Kabupaten yang kita cintai ini, dengan melakukan pendekatan dan lobi – lobi anggaran baik ke Provinsi dengan Dana APBA dan OTSUS maupun ke Jakarta melalui Dana APBN. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukungannya terhadap setiap program yang kita lakukan selama kepemimpinan kami ini, khusunya kepada seluruhyang hadir disini agar dapat bahu membahu dan menyatukan langkah membangun Kabupaten Bireuen yang maju dan bermartabat.

Para Nara Sumber dan Peserta Seminar Yang Berbahagia

      Diakhir sambutan saya pada kesempatan ini, saya mengajak saudara – saudara sekalian agar dalam Seminar ini dapat mencurahkan pikiran dan pendapat secara serius guna menghasilkan sebuah rumusan baik dan bijak untuk pembangunan Kabupaten Bireuen di masa mendatang. Demikianyang dapat saya sampaikan, den dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Seminar Sehari Menatap Arah Pembangunan Kabupaten Bireuen di Masa Mendatang dengan Resmi Dimulai.

     Semoga Allah Subhanahu Wata’ala selalu mencurahkan Rahmat dan meridhai langkah kita hari ini sebagai bentuk keperdulian dan pengabdian kita, kepada Agama dan Kabupaten Bireuen yang kita cintai ini. Amin Ya Rabbal ‘Alamin Wabillahitaufiq Walhidayah, Wassalamu‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

BUPATI BIREUEN,

          dto


H. RUSLAN M. DAUD
..