SAMBUTAN BUPATI PADA ACARA RAPAT KERJA PIMPINAN DAYAH SALAFI DAN TERPADU DALAM KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2015

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Hamdan wa syukran lillah, shalatan wasalaman ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi washahbihi wamawwalah Syukur Alhamdulillah, kita panjatkan ke Hadirat Allah SWT atas ‘Inayah dan Hidayah-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kekuatan, kesehatan dan kesempatan untuk dapat mengikuti acara Rapat Kerja Pimpinan Dayah Salafi dan Terpadu Dalam Kabupaten Bireuen Tahun 2015.

      Shalawat teriring salam, mari sama-sama kita hidangkan ke pangkuan Baginda Rasulullah Muhammad SAW yang telah memberikan keteladanan dan membawa ummat manusia ke alam yang berperadaban. Selanjutnya, kepada keluarga dan sahabat Beliau sekalian. Yang Saya Hormati,(menyesuaikan):
1.Sdr. Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen
2.Sdr. Para Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen
3.Sdr. Tgk. Para Peserta Rapat Kerja
4.Rekan-rekanwartawan media cetak, elektronik maupun online
5.Hadirin dan hadirat sekalian, Mengawali sambutan pada hari ini,

     saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh unsur panitia yang telah menyiapkan segala sesuatunya, sehingga acara ini dapat berjalan sesuai dengan rencana. Semoga Rapat Kerja ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan dunia Dayah di Kabupaten Bireuen ke depan.

 Para peserta raker dan hadirin yang saya hormati,
     Keberadaan Dayah bagi pengembangan pendidikan di Aceh sangatlah urgent dan bermakna, kehadirannya sangat dibutuhkan dalam membentuk umat yang berpengetahuan, jujur, cerdas, rajin dan tekun beribadah, yang kesemuanya itu merupakan syarat insan yangreligius. Eksistensi Dayah di Aceh sejak dahulu sangat berpengaruh dan memberi manfaat besar bagi masyarakat. Dayah sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam yang sangat mahsyur, telah menghasilkan sejumlah ulama dan tokoh-tokoh Dayah yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat luas, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dayah dalam komunitas masyarakat Aceh merupakan sarana strategis dalam proses transmisi ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu agama dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Selain itu, dayah juga berfungsi sebagai institusi yang selalu memberi respons terhadap persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di Aceh. Dayah dan ulama memainkan peran penting di tengah-tengah masyarakat, yaitu berperan bagi terciptanya komunitas intelektual di negeri Seuramo Mekah khususnya di Kabupaten Bireuen. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Dayah Salafiyah maupun Dayah Terpadu di Aceh telah melahirkan ulama-ulama dengan kualitas keilmuan yang tidak diragukan lagi dan peka terhadap perkembangan zaman. Selain itu, para Ulama juga telah mewarnai dunia pendidikan di Aceh dan memainkan peran penting dalam masyarakat. Dayah telah berperan dalammendidik para santrinya untuk lebih menguasai ilmu-ilmu agama secara mendalam disamping adanya pengetahuan umum. Sehingga, para alumni dayah menjadi Ulama yang mampu  berkiprah di dalam masyarakat. Realitas sejarah mengungkapkan bahwa lembaga Dayah memiliki empat peran yang sangat signifikan bagi masyarakat Aceh, yaitu sebagai pusat ilmu agama, sebagai benteng terhadap kekuatan melawan penjajah, sebagai pencetak kader pembangunan, dan sebagai institusi pendidikan bagi masyarakat.

 Undangan dan para peserta raker yang berbahagia,
     Dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dayah di Kabupaten Bireuen, perlu adanya persamaan dan kesepahaman persepsi para pimpinan dayah. Lebih lanjut, menyatukan langkah serta menggagas pemikiran untuk meningkatkan kualitas Dayah. Selaras dengan Tujuan tersebut, perlu diselenggarakan Rapat Kerja Pimpinan Dayah sebagai ajang silaturrahmi dan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan di Dayah masing-masing. Rapat Kerja Pimpinan Dayah ini diharapkan dapat merumuskan program strategis untuk peningkatan kualitas pola pembinaan Dayah dan mewujudkan Dayah sebagai pusat pengembangan keislaman. Lebih jauh lagi, untuk merumuskan program guna meningkatkan kualitas dan daya saing Dayah di dunia global. Selain itu, Raker dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja para pengurus dalam menjadikan Dayah sebagai pusat pengembangan Syi’ar Islam serta membahas berbagai Program Kerja menuju pengelola Dayah yang lebih professional dan efektif. Ini sejalan dengan salah satu Misi kami yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Rapat Kerja Pimpinan Dayah Salafi dan Dayah Terpadu yang diikuti sebanyak 30 orang Pimpinan yangmerupakan Wahana dan Sarana untuk membahas berbagai Program Kerja menuju pengelola Dayah yang lebih professional dan efektif. Oleh karena itu, diharapkan kepada peserta agar dapat menyusun dan melakukan Program Kerja Dayah 5 (lima) Tahun kedepan, sesuai dengan Visi dan Misi Badan Pembinaan Pendidikan Dayah.

 Undangan dan hadirin sekalian,
     Sebelum mengakhiri sambutan ini, Kami harapkan kepada Teungku-Teungku peserta Raker, agar dapat mengikuti acara ini dengan penuh semangat dan tanggungjawab sehingga dapat melaksanakan tugas sehari-hari sebagai Pimpinan Dayah lebih baik lagi. Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Dengan mengucapkan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, acara Rapat Kerja Pimpinan Dayah Salafi Dan Terpadu Dalam Kabupaten Bireuen Tahun 2015, dengan ini saya nyatakan DIMULAI.

      Akhirnya, kepada ALLAH SWT jualah kita berserah diri, semoga apa yang kita laksanakan mendapat berkah dan ridha-Nya. Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  BUPATIBIREUEN
           Dto

H. RUSLAN M. DAUD
..