SAMBUTAN BUPATI PADA ACARA PEMBERIAN PENGHARGAAN KEPADA PERSONIL POLRES BIREUEN DAN PEMUSNAHAN BARANG BUKTI NARKOTIKA DI LAPANGAN UPACARA POLRES BIREUEN

Assalamualaikum Wr. Wb. Hamdan wa syukran lillah, shalatan wasalaman ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi washahbihi wamawwalah. [ Alhamdulillah, hari ini kita masih diberi kesehatan sehingga dapat menghadiri acara yang penting, yaitu.Pemberian Penghargaan Kepada Personil Polres Bireuen dan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika.

     Untuk itu marilah kita panjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT atas kesempatan dapat menghadiri acara ini. Selanjutnya, shalawat beriring salam selalu tercurahkan keharibaan Nabi Besar Muhammad SAW,yang telah membawa umat manusia ke alam yang berilmu pengetahuan. Seterusnya kepada Keluarga dan Sahabat Beliau sekalian. Yang Saya Hormati (menyesuaikan):
1.Sdr. Pimpinan dan Anggota DPRK Bireuen
2.Sdr. Kapolres Bireuen dan jajaran
3.Sdr. Dandim 0111/Bireuen
4.Sdr. Kajari Bireuen
5.Sdr. Ketua Pengadilan Negeri Bireuen
6.Sdr. Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen
7.Para Unsur TNI, POLRI yang berhadir
8.Sdr. Para Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen
9.Sdr. para wartawan media cetak, elektronikmaupun online
10.Hadirin peserta upacara dan tamu undangan sekalian,

       Penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan dan cenderung semakin meningkat serta merupakan masalah bersama bagi pemerintahan dan masyarakat. Sehingga memerlukan strategi yang melibatkan seluruh komponen bangsa dalam suatu komitmen bersama untuk melaksanakan strategi pencegahan peredaran narkoba di tengah masyarakat di Kabupaten yang kita cintai bersama.
       
        Para peserta upacara yang berbahagia, Kita semua manyadari bahwa peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang telah memasuki segala lapisan umur dalam masyarakat. Tidak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak dan remaja telah terkena bahaya narkoba. Narkoba juga telah masuk ke tingkat Kecamatan, Gampong bahkan keluarga. Untuk itu, perlu ditingkatkan kewaspadaan dalam lingkungan kita terlebih dalam keluarga.

       Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Polres Bireuen terus melakukan perannya dalam melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba. Narkoba merupakan musuh kita bersama dan pemerintah Indonesia telah mencanangkan perang terhadap narkoba. Hal ini memerlukan dukungan dari masyarakat, terutama dukungan informasi, sehingga ruang gerak para pengedar dapat dipersempit untuk kemudian dihilangkan.

      Pihak jajaran Polres Bireuen dalam hal ini telah berhasilmengungkap kasus narkotika jenis shabu-shabu dan ganja serta kasus lain di wilayah kerja Polres Bireuen. Diantaranya adalah pengungkapan kasus narkotika jenis shabu-shabu seberat seberat 6 Kg pada 24 Agustus 2015 lalu dan beberapa kasus narkotika serta kasus lainnya. Untuk itu, selaku Pimpinan Daerah sekaligus mewakili masyarakat Kabupaten Bireuen, saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Bireuen, yang terus gencar melakukan pemberantasan narkoba di wilayah hukum Kabupaten Bireuen, karena  narkotika adalah bahaya global dan ancaman serius bagi dunia yang bisa mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara. Disamping itu dapat berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan lainnya baik kesehatan, sosial, ekonomi, politik, budaya maupun keamanan. Selanjutnya terima kasih juga atas keberhasilan jajaran Polres Bireuen yangtelah berhasil menangkap pengedar narkoba.

      Penangkapan pengedar narkoba ini merupakan indikasi bahwa peredaran narkoba masih marak di wilayah Kabupaten Bireuen. itu, hal ini, harus kita respon bersama, sehingga para pengedar tidak mudah bergerak dan mempengaruhi masyarakat kita. Perang terhadap kejahatan narkoba memerlukan kerjasama semua pihak. Tidak hanya Badan Narkotika Nasional (BNN), namun semua pihak harus turun tangan untuk membantu melawan kejahatan narkoba. Dan kita harus bersama-sama menata langkah kita untuk lebih sigap dalam mencegah beredarnya narkoba di Kabupaten Bireuen. Para peserta upacara yang saya hormati, Pada kesempatan ini pula, akan dilakukan pemusnahan barang bukti narkotika hasil dari operasi yang dilakukan jajaran Polres Bireuen selama ini. Ini menunjukkan keseriusan jajaran aparat keamanan di Kabupaten Bireuen dalam memerangi narkoba.

      Pemusnahan barang buktinarkotika pada hari ini merupakan komitmen bersama TNI/POLRI, Pemerintah Daerah, BNNK serta elemen masyarakat dalam upaya menjadikan Bireuen terbebas dari peredaran Narkoba. Tugas kita adalah menghentikan semua kejahatan ini, sehingga masa depan anak-cucu kita menjadi selamat dan terbebas dari pengaruh narkoba. Hal ini sesuai dengan gerakan nasionalyang dicanangkan oleh presiden RI yaitu “Gerakan Nasional Penanganan Ancaman Narkoba Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045".Semua itu dapat kita mulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga, sekolah, pemerintah gampong, dan Kecamatan.

     Khusus kepada para pemuka agama serta tokoh masyarakat agar pada setiap kesempatan dapat memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk menjauhkan diri dari bahaya narkoba, melalui mimbar Mesjid maupun Meunasah. Selaku pimpinan daerah, saya menginstruksikan kepada seluruh jajaran pejabat pemerintahan untuk bersama-sama menyelamatkan keluarga dan masyarakat serta bangsa kita dari bahaya narkoba. “Tidak ada kenikmatan dengan Narkoba, yang terjadi hanyalah Kesengsaraan Sepanjang Hayat”. Undangan dan Hadirin Yang Berbahagia, Demikian yang dapat saya pada kesempatan ini. Akhirnya Kepada Allah SWT kita semua berserah diri, semoga apayang kita laksanakan hari ini mendapat Ridha dan Hidayah-Nya.

 Amin Yaa Rabbal ‘Alamin Wabillahi Taufiq Walhidayah, Wassalamu‘Alaikum Wr. Wb.

 BUPATI BIREUEN
         Dto.


H. RUSLAN M. DAUD
..