SAMBUTAN BUPATI PADA ACARA PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BIREUEN

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Alhamdulillaahi rabbil ’alamin, wasshalatu wasshalamu ’ala asyrafil ambiyai walmursalin, wa’ala alihiwashahbihi ajmain. Segala puji serta syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadhirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari yang berbahagia ini, kita masih dapat menghadiri dan menyaksikan acara Pelantikan Pejabat Struktural Dan Fungsionaldi Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

 Selanjutnya selawat beriring salam semoga senantiasa tercurah kepada NabiMuhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat beliau sekalian. Yang Saya Hormati (menyesuaikan):
1.Sdr. Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen
2.Sdr. Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen
3.Sdr. Pejabat Struktural dan Fungsional yang dilantik
4.Rekan-rekan wartawan media cetak, elektronik maupun online
5.Undangan dan hadirin sekalian Mengawali Sambutan ini,
 
saya mengajak saudara sekalian marilah kita selalu meningkatkan etos kerja kita sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat untuk melakukan yang terbaik bagi Kabupaten Bireuen yang kita cintai bersama.

       Hadirin Yang Berbahagia Prosesi pelantikan dan mutasi jajaran pejabat disetiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai. Pelantikan pejabat ini dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik.

 Pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal. Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada Negara.

      Oleh karenanya, setiap Pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Dengan demikian, diharapkan para Pejabat dapat menjadi roda penggerak organisasi.

     Mutasi, promosi dan pengisian jabatan Struktural pada Eselon II, Eselon III dan Eselon IV serta Jabatan Fungsional para Kepala Sekolah dan Kepala UPT Pendidikan pada hari ini dilaksanakan setelah melalui penilaian dan seleksi secara ketat dan arif oleh tim Baperjakat terhadap kinerja saudara selama ini.

     Oleh karenanya, saya tegaskan bagi saudara yang mendapatpromosi jabatan pada kesempatan ini jangan terus bereuforia akan tetapiagar segera menyusun program kerja untuk meningkatkan kualitas kinerja dengan mempedomani Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan atas promosi ini BAPERJAKAT akan terus melakukan Evauasi terhadap Tugas dan Tanggung Jawab yang diamanahkan kepada Saudara untuk melakukan penilaian atas kerja dan dedikasi saudara.

     Bagi Tenaga Pendidikan, Sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015Tentang Guru dan Dosen, Pemerintah diberi tugas meningkatkan kualifikasi guru yang belum meraih Sarjana (S1) atau Diploma IV selama sepuluh tahun. Dengan demikian, deadline Pemerintah untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan guru jatuh pada akhir tahun 2015 ini.

      Terkait dengan hal tersebut, kembali saya ingatkan jajaran Dinas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen agar mengatur sebaik mungkin pemindahan guru yang belum meraih Strata Satu atau Diploma Empat tersebut menjadi Tenaga Administrasi atau tenaga non-guru lainnya, sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku. Selain itu, menata pendistribusian guru disetiap sekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga keluhan masyarakat tentang kekurangan guru di daerah pedesaan atau pedalaman dan kelebihan guru di perkotaan atau disekolah tertentu tak perlu terjadi lagi. Saya memahami betapa beratnya tugas membangun pendidikan yang berkualitas, relevan dan berdaya saing. kita harus memantapkan semangat dan komitmen kita untuk terus berjuang meningkatkan kualitas pendidikan.

 Hadirin dan Undangan yang Berbahagia
Saya mengajak Saudara, mari kita bersama-sama bergerak cepat mewujudkan berbagai program pembangunan di berbagai lintas sektor di Kabupaten Bireuen, baik di bidang Pendidikan, Infrastruktur,maupun bidang lainnya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Saya percaya, dengan potensi yang dimiliki disertai kerja keras kita semua, perubahan itu secepatnya dapat kita capai, sesuai dengan gerakan nasional “Ayo Kerja” yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia. Dengan bekerja, saya yakin kita dapat menghadirkan berbagai program pembangunan untuk kepentingan masyarakat.

     Apa yang telah saya sampaikan di atas juga merupakan penjabaran dari penerapan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dimana Fungsi Pegawai ASN sebagai Pelaksana Kebijakan Publik, Pelayan Publik Serta Perekat dan Pemersatu Bangsa. Selanjutnya, ASN berperan sebagai perencana, pelaksana dan pengawas penyeleggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang professional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. Masih terkait dengan ASN, penilaian yang diterapkan saat ini adalah penilaian melalui Sasaran Kerja Pegawai (SKP), yang merupakan salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Untuk itu saya ingatkan kepada saudara-saudara semua untuk dapat mempedomani dan mengikuti aturan terkait dengan ASN dan SKP tersebut. Dengan demikian, Aparatur Sipil Negara Kabupaten Bireuen diharapkan memiliki integritas, profesional, netral, mampu menyelenggarakan pelayanan publik dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

      Ini merupakan jawaban dan hasil langsung dari sistem penilaian SKP sebagai rencana operasional pelaksanaan Tugas Jabatan dengan mengacu pada RENSTRA dan RENJA, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, mengevaluasi agar kinerja semakin meningkat dan sebagai solusi untuk mengukur kualitas serta kinerja PNS secara objektif. Akhirnya saya berpesan agar saudara-saudara yang baru dilantik dapat meningkatkan kapasitas sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja. Saudara-saudara harus cepat memahami dan melaksanakan tugas sesuai dengan tantangan yang dihadapi, sesuai dengan tuntutan organisasi. Selanjutnya saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama yang telah mengabdikan diri pada Pemerintahan Kabupaten Bireuen.

      Semoga Allah SWT membalas semua jasa-jasa saudara-saudara sekalian selama ini. Tak lupa kami ucapkan rasa terimakasih kami kepada saudara Akmal, S. Sos, MA yang telah mendharma bhaktikan diri pada Pemerintah Kabupaten Bireuen selama ini, walaupun terasa berat kami melepaskan saudara untuk kembali ke kampus, namun karena aturan yang mengharuskan demikian akhirnya kami juga merelakan saudara untuk mengabdikan diri di Universitas Malikussaleh kembali. Walaupun demikian ilmu dan pengalaman saudara masih juga kami butuhkan untuk membangun Kabupaten Bireuen ke depan. Begitu pula kepada saudara - saudarayang telah memasuki masa pensiun, ucapan terimaksih pula kami haturkan setinggi-tingginya atas kerjasama dan dukungan dalam membangun Kabupaten Bireuen yang kita cintai bersama.

Undangan dan hadirin sekalian,
Demikianlah sambutan saya pada hari ini, semoga dapat dapat memacu semngat kita dalam mengemban tugas sehari-hari. Akhirnya Kepada Allah SWT jualah kita berserah diri, semoga yang kita laksanakan hari ini mendapat Rahmat dan ridha-Nya. Amin Yaa Rabbal ‘alamin Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

 BUPATI BIREUEN
           Dto

 
 H. RUSLAN M. DAUD ..