WAKIL BUPATI BIREUEN BUKA ACARA SOSIALISASI BELA NEGARA

BIREUEN (HUMAS) ~ Wakil Bupati Bireuen, Ir. Mukhtar, M.Si membuka acara Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda. Acara berlangsung di Aula Penginapan, Rabu (29/10).

Bela negara adalah upaya warga negara dalam mempertahankan dan menghadapi serangan terhadap negara secara fisik dan moral. “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan Undang-Undang. Bela negara adalah upaya warga negara dalam mempertahankan dan menghadapi serangan terhadap negara secara fisik sedangkan upaya yang diakukan secara moral seperti melalui pendidikan, sosial budaya, dan politik merupakan usaha dalam membela negara secara non fisik”, ungkap Wakil Bupati Bireuen  melalui Kabag Humas dan Protokoler, Farhan, SE, MM.

Hakikat bela negara adalah kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela Negara. “Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Untuk itu kepada para pemuda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat menanamkan semangat bela Negara pada diri  masing-masing”, pungkasnya.

Kepala Kantor Kesbangpol Bireuen, Drs. Sulaiman, MM melaporkan kepada Ir. Mukhtar bahwa maksud kegiatan adalah untuk menyatu padukan visi, persepsi dan interpretasi segenap komponen masyarakat bangsa khususnya pemuda, sehingga dapat mewujudkan satu kesatuan tingkah laku dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Peserta sosialisasi berjumlah 100 orang yang berasal dari unsur Kecamatan dalam  Kabupaten Bireuen, Ormas, Parpol, pengurus OSIS dan aparatur Pemda. Pemateri terdiri dari unsur Kodim 0111/Bireuen, Universitas Almuslim, Pemda Bireuen dan Kesbangpol Bireuen...

Download File